Tuesday 4 October 2011

MASALAH ULAT KANTONG ( the attack of bagworm in oil palm plantations )

Pada bulan Oktober 2011 ini, serangan ulat kantong ( bag worm ) di perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah mengalami peningkatan, ini kita peroleh dari laporan dan informasi dari rekan - rekan yang bekerja di beberapa perkebunan kelapa sawit.

( In October 2011, the attack  of the bagworm in oil palm plantations in Central Kalimantan has increased, we recieve from the reports and information from colleagues  in at oil palm plantations ).

Ulat kantong  dari jenis Mahasena corbetti dan Metisa plana banyak menyerang dan paling merugikan di perkebunan kelapa sawit  di Kalimantan Tengah dikarenakan tingkat penyebaran dan perkembangbiakannya yang cepat.

( Bagworm of the type Mahasena corbetti and Metisa Plana and many of the most dangerous attacks on oil palm plantations in Central Kalimantan, because the rate of spread and multiply quickly)

Pengendalian dilakukan apabila sudah melampaui batas ke ekonomian, sehingga tidak merugikan dan tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan.
( Necessary controls to avoid losses by taking into account the environmental )

Salah satu cara pengendalian ulat kantong yang efektif apabila terjadi outbreak adalah dengan sistem injeksi batang dengan teknik dan aplikasi yang tepat dan benar. ( one way effecive of  bagworm controlling is by injecting system or drill system with appropriately and correctly )



Untuk Informasi lebih jauh : Janji Field demo, cara pengendalian yang tepat
silakan hubungi saya  :
For futher information , Please contact and call  :

Hariantony
PT. Nufarm Indonesia  ( NUFARM )


 HP : 0811 5201 939
Email : hariantony.tony@id.nufarm.com


No comments: